--> Skip to main content

Cara Memilih Speaker Aktif

Cara Memilih Speaker Aktif-Apa pertimbangan Anda ketika akan memilih Speaker Aktif?Tiap-tiap orang tentu berbeda-beda.Bagi yang menginginkan suara yang kencang bertenaga tentu mencari Daya RMS yang besar.Bagi yang menginginkan suara Bass yang mantap lebih memilih ukuran woofer yang besar atau yang hanya sekedar Asal Bunyi tentu memilih harga yang murah.

Setiap produsen speaker berusaha mendesain speaker aktif dengan fitur yang menarik misalnya POLYTRON PAS 78 dengan fitur  XBR atau SHARPCBOX-ASP1001BO dengan XBASS.Untuk itu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah speaker aktif anda harus memiliki gambaran speaker aktif yang seperti apa yang anda inginkan sehingga bisa mendapatkan speaker aktif yang memuaskan anda.

Sebagai bahan pertimbangan didalam memilih speaker aktif hal-hal berikut ini perlu anda perhatikan.

Speaker Aktif

1.Brand.
Speaker Aktif termasuk peralatan elektronika yang bisa saja mengalami masalah oleh sebab itu alangkah baiknya memilih speaker aktif dengan Brand ternama minimal Bertaraf nasional dan dengan layanan purna jual yang baik berupa Garansi produk dan tersedianya service center.Kualitas juga lebih terjamin apabila speaker aktif diproduksi oleh produsen yang berpengalaman. 

2.Daya RMS.
Speaker Aktif merupakan rangkaian amplifier yang terintegrasi dengan speaker sehingga pengoperasiannya menjadi lebih praktis sedangkan fungsi utama dari amplifier sendiri  memperkuat sinyal audio dari sumbernya sehingga  suaranya menjadi lebih kuat.

Kekuatan dari sebuah amplifier biasa disebut dengan Daya RMS dengan satuan Watt semakin besar Nilai Watt semakin kuat pula suara yang dihasilkannya.Ada satuan daya yang lain yaitu Watt PMPO  namun daya jenis ini tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur besarnya daya dari speaker aktif Karena setiap produsen mengklaim memiliki daya PMPO yang besar.

3.Sistem Speaker.
Umumnya speaker aktif menggunakan system speaker 2 Way dan 3 Way.Dilihat dari segi cakupan frekuensinya system speaker 3 way lebih luas karena menggunakan 3 jenis speaker yaitu Woofer,Midrange dan tweeter Namun jangan salah speaker aktif yang menggunakan 3 buah speaker belum tentu 3 Way bisa saja systemnya 2 way  menggunakan 3 speaker misalnya Dobel woofer satu Tweeter.Cara yang paling mudah untuk mengetahuinya yaitu melihat spesifikasinya .

4.Konektivitas.
Saat ini media pemutar audio bermacam-macam bukan hanya DVD Player portable saja oleh sebab itu agar suport dengan perangkat lain speaker aktif membutuhkan konektivitas yang lengkap jadi bukan hanya berupa line input standar (RCA) namun dilengkapi juga dengan USB Player input,Line input 3,5 mm untuk Gadget  atau yang lebih canggih lagi support koneksi Bluetooth.Jika anda ingin menggabungkan dengan perangkat lain misalnya Subwoofer Aktif anda bisa memilih speaker aktif yang memiliki line out.

5.Ukuran Woofer.
Suara bass dari sepeaker aktif sangat bergantung dari daya dan ukuran woofer semakin besar daya dan ukuran woofer semakin mantap pula suara bass yang dihasilkan.Apabila anda menginginkan suara dentuman bass yang lebih kuat bisa memilih speaker aktif dengan double woofer.

6.Ukuran Kotak Speaker.
Semakin besar ukuran speaker semakin besar pula kotak speakernya.Misalnya ukuran kotak speaker untuk  woofer 8 inch tentu berbeda dengan ukuran untuk woofer yang 10 inch.Besarnya Kotak speaker bisa menjadi indikasi besarnya Daya walaupun tidak mutlak.

Ada juga speaker aktif yang ukurannya besar namun Dayanya kecil.Perhatikan juga dimana speaker aktif akan diletakkan  misalnya didekat rak TV tentu tidak cocok kalau dipadukan dengan speaker aktif yang ukurannya kecil.

7.Penggunaan.
Salah satu pertimbangan sebelum memilih speaker aktif yaitu akan digunakan untuk apa dan dimana diletakkannya.Jika mau dipakai untuk sarana hiburan keluarga(DVD Player,Karaoke,Televisi) dan diletakkan diruang keluarga yang luas tentu lebih cocok menggunakan speaker aktif berdaya besar dan berukuran besar misalnya POLYTRON PAS 78.

Sebaliknya jika akan dipakai dikamar yang ukurannya kecil lebih cocok menggunakan speaker aktif dengan daya dan ukuran yang kecil misalnya POLYTRON PAS 12.Perhatikan juga letak dari bagian kontrolnya untuk kontrol yang letaknya diatas lebih cocok diletakkan dilantai sedangkan untuk kontrol yang terletak dibawah lebih cocok diletakkan diatas buffet atau meja.

8.Daya Listrik.
Konsumsi listrik perlu anda perhatikan semakin besar daya RMS semakin besar pula konsumsi daya listriknya.Jika ingin hemat listrik pilihlah speaker aktif dengan daya kecil.Perhatikan juga daya litrik terpasang dirumah anda dan kebutuhannya kalau memang memadai silahkan memilih speaker aktif dengan daya besar.

9.Design.
Sangat menyenangkan memiliki speaker aktif dengan design yang menawan sehingga anda betah memandangnya dan betah berlama-lama menikmati musik.

10.Fitur Lengkap.
Semakin lengkap fitur yang dimiliki sebuah speaker aktif semakin mudah,Nyaman dan menyenangkan.Bisa jadi fitur speaker aktif merk yang satu dengan yang lainnya berbeda.fitur yang biasanya ada di speaker aktif antara lain Tone Control(Bass,Trebel,Volume),Mic Input,Mic/Echo Volume,Penambah bass,Magnetically Shielded(Mengurangi efek medan Magnet),Radio FM,Led Display,Direct Button,AVC(Automatic Vocal Changer),Pitch Control,Remote Control.

Demikian informasi tentang Cara Memilih Speaker Aktif Semoga bermanfaat atau Anda mempunyai cara lain?Senang sekali jika anda Mau berbagi dengan pengunjung blog ini.
Image Courtesy of Polytron.co.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar