--> Skip to main content

Perbedaan Speaker Aktif dan Home Theater

AUDIOTERBARU – Jika dilihat dari fungsinya sekilas tidak ada perbedaan antara speaker aktif dan Home Theater karena memang keduanya berfungsi menguatkan sinyal input menjadi berkali-kali lipat sehingga bisa menggerakan membran speaker yang kemudian bisa dinikmati kuping kita semua.

Perbedaan Speaker Aktif dan Home Theater

Tapi jika diteliti lebih jauh terdapat perbedaan yang mencolok terutama jika dilihat dari jumlah kanalnya dan fungsi speakernya. Jika Anda berencana membeli salah satu dari 2 perangkat tersebut sebaiknya memperhatikan kebutuhannya agar tidak salah beli walaupun jika anda nantinya salah pilih anda tetap bisa menggunakannya tapi tentu performanya tidak akan  maksimal.

Anda Perlu mengetahui perbedaan Speaker Aktif dan Home theater walaupun tidak harus secara detail. Sektor yang perlu menjadi perhatian adalah sistem Tata Suaranya karena perbedaannya cukup mencolok. Nah.. ingin tahu apa saja perbedaan-perbedaan tersebut ? Silahkan Simak penjelasannya berikut ini:

Speaker Aktif
Fungsi utama dari speaker aktif adalah memperkuat sinyal input sehingga bisa didengar telinga manusia melalui driver speakernya. Umumnya tata suara speaker aktif terdiri dari 2 kanal Kiri dan Kanan atau biasa disebut stereo ( tata suara 2.0 Kanal)

Speaker aktif stero tersusun dari 2 penguat atau amplifier yang identik sehingga desainnya tidak terlalu rumit dan lebih banyak menggunakan sistem analog.

Speaker aktif lebih cocok digunakan untuk mendengarkan musik, karaoke atau Audio lapangan. Speaker aktif tersusun dari 2-3 jenis driver(Loudspeaker) yang berbeda mulai dari Woofer, Midrange dan tweeter. Masing-masing speaker memiliki kemampuan respon frekuensi yang berbeda misalnya Woofer untuk men Cover nada rendah mulai dari 40 hz – 1 khz, Midrange untuk nada menengah (300 hz- 5 khz) atau tweeter yang mampu merespon  frekuensi tinggi mulai 2 KHZ – 20 KHZ.

Sayangnya speaker aktif tidak didisain untuk menghasilkan nada super rendah atau Sub woofer dimana nada rendah ini biasanya terdapat pada adegan film. Meskipun bisa saja memutar film dengan output yang dihubungkn dengan speaker aktif namun nada rendahnya tidak sesuai dengan harapan karena bukan menggunakan speaker khusus sub woofer.

Begitu pula dengan efek suara mengelilingi atau suroound, speaker aktif tidak memiliki kapasitas untuk menghasilkan suara semacam ini karena efek suara tersebut hanya bisa dihasilkan oleh dekoder khusus yang bersifat digital.

Home Theater
Sebuah perangkat bisa dikatakan Home theater jika memiliki 3 komponen utama yaitu amplifier suround yang dilengkapi dengan dekodernya seperti DTS atau Dolby Digital, 5 speaker serta `1 Sub woofer atau bisa disebut sistem tata suara 5.1 kanal.

Bisa dibilang Perangkat home theater merupakan gabungan dari sistem digital dan analog. Jangan terkecoh dengan sebuah perangkat audio yang memiliki speaker lebih dari satu meskipun dengn embel-embel theater selagi tidak memiliki amplifier surround serta dekodernya tidak bisa disebut sebagai perangkat home theater tapi Hi fi biasa.

Kelebihan dari home theater dalah adanya mode Musik sehingga masih layak untuk mendengarkan musik atau beberapa seri Home theater bsia juga untuk karaoke tidak hanya untuk menikmati film. Desain dari home theater umumnya bersifat compact atau ukuran speakernya kecil kecuali Speaker Sub woofernya. Berbeda dengan speaker aktif yang desainnya ada yang tinggi besar atau floorstanding.

Dengan desain seperti itu jangan harap menemukan perangkat home theater yang ukuran drivernya besar misalnya 8 inch karena kebanyakan model speakernya tower. Kecuali anda membeli perangkat home theater terpisah misalnya ampifier (receiver) sendiri kemudian baru membeli speakernya tapi cara ini membutuhkan modal yang besar dan butuh kejelian dalam membeli speaker karena kalau salah pilih suaranya tidak akan homogen.

Berbeda jika anda membeli perangkat home theater in Box (HT iB) meskipun ukurannya compact tapi tidak perlu repot men setting lagi karena tinggal pakai.

Demikianlah informasi seputar Perbedaan Speaker Aktif dan Home Theater, Semoga menambah Wawasan Anda. Terima kasih sudah berkunjung. Salam Audio Lovers ! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar