--> Skip to main content

Cara Mengatasi Speaker Aktif Dengung

Speaker Aktif Dengung

AUDIOTERBARU – Speaker Aktif sepertinya sudah menjadi perangkat audio terpopuler saat ini karena selain praktis harganya juga terjangkau. Bahkan Speaker aktif sekarang ini fiturnya semakin lengkap ada Bluetoothnya, USB Player atau Gadget Input. Namun apa jadinya jika Speaker yang Anda miliki tiba-tiba ada bunyi dengungnya? Pastinya tidak enak bukan? Jangan cemas karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara mengatasi Speaker Aktif dengung.

Banyak sebab kenapa suara speaker aktif kok keluar suara dengungnya mulai dari kerusakan ringan sampai berat. Sebelum melangkah lebih jauh pada dasarnya speaker aktif memiliki 3 Bagian utama yaitu Blok Power Suply, Blok Utama Amplifer dan Loudspeaker. Dengan mengetahui bagian tersebut akan lebih mudah menganalisa kerusakan yang menyebabkan suara dengung pada bagian mana.

Untuk lebih jelasnya Silahkan lanjut pada penjelasan berikutnya.

Setidaknya ada 4 Penyebab kenapa Speaker aktif mengeluarkan suara dengung :

1.Bagan input sinyal masukan bermasalah.

Sebelum menebak kerusakannya lebih jauh sebaiknya mengecek bagian Input sinyal masukan karena bisa saja bermasalah. Cek dulu kabel RCA/Gadget input 3.5 mm jika menggunakannya. Cara mudahnya nyalakan speaker aktif tanpa kabel input RCA terpasang apakah masih terdengar bunyi dengung atau tidak. Jika ternyata tidak dengung berarti kabel RCA atau gadget input bermasalah dan harus diganti.

Baca Juga :
5 Penyebab Bass Speaker Kurang Nendang Kuat
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker Aktif 
Perbedaan Speaker Pasif dan Speaker Aktif

2.Pengatur Volume atau Potensio Rusak

Setiap speaker aktif biasanya menggunakan potensio atau variable resistor untuk mengatur volume. Komponen ini jika sudah berumur atau kotor akan mengalami masalah salah satunya suaranya dengung. Coba nyalakan speaker aktif dan putar volumenya mulai dari yang terkecil sampai agak besar.

Jika dibagian tertentu ada dengung tapi saat diputar hilang dengungnya kemungkinan potensionya bermasalah atau kotor. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan cairan contact cleaner yang disemprotkan atau kalau nggak ada bisa dengan alkohol atau thinner.

Jika masih bandel bisa diganti dengan potensio yang baru yang nilainya sama.

3.Elco pada Bagian powe Suply Bermasalah.

Power suply merupakan bagian penting pada sebuah speaker aktif karena befungsi menyuplai tegangan keamplifier sehingga bisa menggerakkan membran loudspeaker. Komponen Powes Suply umumnya terdiri dari trafo, Dioda dan Elco.

Jika bagian elco bermasalah maka bisa menyebabkan suara dengaung. Hal ini bisa terjadi karena fungsi elco pada power supply adalah sebagai perata tegangan. Jika tegangan tidak rata maka akan menimbulkan suara dengung.

Cek pada bagian powe Supply terutama pada bagian elconya jika elconya ada yang menggelembung berarti rusak dan harus diganti.

Ciri dari kerusakan elco ini biasanya jika Speaker aktif memutar musik masih bisa terdengar namun disertai suara dengung.

4.Transistor Final Rusak.

Speaker aktif yang beredar dipasaran kebanyakan menggunakan transistor, dan sistem penguatannya bertingkat ada pre Amp, Driver baru Final. Transistor final ini bekerja dengan keras dan mendapatkan tegangan penuh sehingga kebanyakan dipasang plat pendingin.

Transistor final ini seringkali mengalami kerusakan yang bisa disebabkan karena kerusakan pada bagian sebelumnya atau transistor bekerja dengan keras sehingga rusak misalnya over heat. Nah jika transistor final ini rusak maka akan terdengar suara dengung pada speaker aktif.

Berbeda jika dengungnya akibat Eloc power suply rusak yang masih terdengar suaranya jika memutar musik, kerusakan pada transistor final tidak ada suara apapun selain dengung. Kerusakan pada bagian ini harus segera dilakukan kalau tidak akan bisa merusakkan Loudspeaker.

Cara mengatasinya dengan cara mengganti transistor final yang rusak dengan tipe yang sama misalnya menggunakan transistor D313 gantinya harus sama.

Demikianlah Informasi seputar Cara Mengatasi Speaker Aktif Dengung Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar