--> Skip to main content

Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker Aktif

AUDIOTERBARU - Bukan rahasia lagi kalau selera kuping orang Indonesia lebih menyukai speaker aktif yang Bass nya lebih menonjol istilahnya kalau belum menggetarkan dinding rumah rasanya belum puas. Sejatinya speaker yang yang bagus antara nada rendah dan tingginya seimbang atau flat namun namanya juga selera tentunya produsen speaker aktif berusaha memenuhi keinginan pasar.
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker Aktif

Wajar saja jika kemudian keluaran speaker aktif Pabrikan Indonesia lebih menonjolkan Bassnya terbukti banyak speaker aktif yang didesain doubel woofer sehingga bass nya nendang abis. Namun demikian tidak menutup kemungkinan meski sudah double woofer suara bassnya belum menggembirakan. Jika Anda mengalami hal yang demikian tentunya Anda harus merelakan suaranya yang seperti itu, paling-paling hanya bisa mengontrol bass dan treblenya.

Tahukah Anda sebenarnya ada cara menambah efek Bass pada speaker aktif tanpa harus mengoprek speaker aktif Anda. Bagaimana caranya? Sebelumnya saya ingin berbagi pengalaman dimana saya pernah merakit speaker aktif Model Klasik dengan daya output 2x150 Watt tanpa input USB atau Input Microphone. Saya menggunakan Kit speaker aktif dengan amplifier OCL jadi menggunakan transistor sebagai penguat akhirnya. Drivernya saya menggunakan double woofer ukuran 8 inch dan sebuah Tweeter Piezo.

Namun setelah jadi ternyata suaranya cenderung flat, saya merasa bassnya kurang nendang. Sayapun mencari cara menambah efek Bass pada speaker tanpa merubah Kit Speaker aktifnya. Ketemulah cara mudahnya yaitu dengan menggunakan kit GALAXY atau Rangkaian penambah Bass.

Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker Aktif Dengan Kit Galaxy


Kit Galaxy Merupakan rangkaian yang berfungsi untuk menambah nada Bass dan Trebel. Pada umunya komponen utamanya menggunakan IC jenis Op Amp ada yang 8 pin ada juga yang 4 pin. Semakin banyak IC yang digunakan hasilnya tentu semakin bagus. Ukuran kitnya relatif kecil jadi cocok diselipkan pada rangkaian utama speaker aktif. Harganya juga terjangkau mulai Rp.13.000 tergantung dari kerumitan rangkainnya.

Kit Galaxy ini bersifat aktif artinya membutuhkan tegangan. Instalasinya juga mudah, Output dari sumber masukan dari RCA misalnya output dari DVD diumpankan ke input galaxy kemudian output dari Galaxy diumpankan keinput tone control speaker aktif.

Setelah saya coba ternyata efek bassnya bertambah secara signifikan sehingga sayapun memutuskan untuk menanamkan Kit Galaxy didalam kotak speaker untuk memudahkan pengambilan tegangan dari trafo utama dan tidak perlu menggunakan casing dan catu daya tersendiri sehingga lebih praktis.

Meskipun Kit Galaxy ini mampu menambah efek Bass pada speaker aktif sayangnya Kit ini hanya bisa berfungsi pada input RCA speaker aktif sedangkan jika speaker akif tersebut mendukung USB Player, kartu memori atau Gadget input cukup sulit menerapkannya kecuali modul dari pre amp untuk masukan input USB tersebut terpisah dari bagian tone controlnya.

Bagiamana Anda Tertarik untuk Mencoba Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker aktif Diatas? Selamat Mencoba !

Sumber Gambar Galaxy : https://s1.bukalapak.com/img/1408400801/w-1000/Kit_Super_Galaxy_IC_4558_SN_008.JPG
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar