--> Skip to main content

Pengertian Sistem Audio 2.1 Channel

AUDIOTERBARU – Jika Anda berniat membeli sebuah perangkat penguat audio Anda pasti sering mendengar istilah ini 2.1 Channel. Mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan istilah ini padahal sebenarnya ikut mempengaruhi performa suara. Fungsinya memang sama yaitu sebagai penguat suara atau amplifier sehingga Anda bisa mendengarkan musik.

Pengertian Sistem Audio 2.1 Channel

Awalnya mungkin Anda lebih mengenal sistem audio mono atau stereo dimana kanal (channel)nya ada 1 (mono) atau 2 (L/R). Namun seiring dengan perkembangan pemutar Disk atau tata suara mulai bermuculan tata suara multikanal salah satunya sistem audio 2.1 channel. Khususnya setelah munculnya speaker sub woofer yang mulai populer pada tahun 1970 untuk menambah bobot bass pada speaker surround pada pemutaran film.

Baca juga : 5 Penyebab Bass Speaker Kurang Nendang Kuat

Pengertian Sistem Audio 2.1 Channel


Jika diartikan angka 2 dan 1 menunjukan jumlah speaker satelit dan 1 speaker Sub Woofer. Jadi pengertian sistem audio 2.1 channel adalah sistem audio yang berisi 3 kanal atau 3 penguat yang menggerakan membran driver speaker satelit dan sub woofer. Contoh produk Polytron PMA 9502

Kelebihan Sistem Audio 2.1 Channel
1.Bentuknya compact dan minimalis sehingga cocok diletakkan dimana saja apalagi speaker satelitnya yang mungil.
2.Didukung speaker Sub woofer sehingga respon nada rendahnya lebih luas dibandingkan speaker woofer biasa.
3.Cocok dihubungkan dengan banyak perangkat mulai dari komputer, laptop atau Hp.

Kelemahan Sistem Audio 2.1 Channel
1.Nada rendahnya hanya mengandalkan speaker Sub woofer itupun ukurannya terbatas sehingga perfomanya masih sedikit dibawah speaker stereo dimana ada yang menggunakan dobel woofer 2 kanal.
2.Respon frekuensinya kurang detail karena hanya mengandalkan speaker satelit dan sub woofer bandingkan dengan speaker stereo yang menerapkan 3 Way speaker.
3.Daya outputnya rata-rata kecil karena lebih mengedepankan desainnya yang minimalis.
4.Pabrikan Besar jarang yang memproduksi seperti Sony, Samsung, Panasonic

Demikianlah Informasi seputar Pengertian Sistem Audio 2.1 Channel beserta kelebihan dan kekurangannya. Bisa jadi penilaian ini bersifat Subyekif namun setidaknya bisa memberi gambaran kepada audio mania.    
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar